TNews – Wah, pasti kamu pernah ngalamin yang namanya salah kirim barang atau salah beli produk di Shopee, kan? Atau mungkin kamu cuma berubah pikiran dan mau membatalkan pesanan yang sudah dikirim. Tenang aja, bro sist, karena kamu bisa membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim. Ini dia caranya, simak baik-baik ya!
Setelah sebelumnya shopee sudah mengumkan pengguna COD sudah bisa membuka pesanan untuk mengecek barang yang dikirim, saat ini kamu bisa juga bisa membatalkan pesanan yang sudah dikirim loh!
Meskipun tidak bisa secara langsung, tapi setidaknya status pesanan bisa dibatalkan. Hal ini berguna jika kita menerima produk yang tidak sesuai, atau bahkan pemesanan yang dilakukan tidak sengaja.
Alasan Pembatalan Pesanan di Shopee
Meskipun ada berbagai faktor yang mempengaruhi pembeli untuk melakukan pembatalan pesanan, namun shopee selalu mencari jalan tengah yang terbaik untuk berbagai pihak.
Pasalnya, proses belanja online sudah pasti menyeret berbagai pihak. Baik itu dari sisi penjual, pembeli, hingga kurir ekspedisi.
Berikut ini beberapa alasan umum yang membuat pembeli membatalkan pesanan di shopee:
- Tidak ada respon dari penjual
- Ingin mengubah rincian pesanan
- Produk memiliki ulasan yang kurang baik
- Proses pengiriman lama
- Menemukan harga yang lebih murah
Secara umum, itulah beberapa alasan mengapa pembeli membatalkan pesanan di shopee. Tapi bagaimana jika produk sudah dikirim?
Jenis Pembatalan Pesanan di Shopee
Saat ini shopee menyediakan beberapa jenis pembatalan yang bisa kalian ajukan. Namun proses pembatalan tetap mengikuti aturan yang berlaku.
Jadi tidak semata bisa membetalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim secara sepihak. Terlebih ada banyak pihak yang terlibat terkait pesanan yang kalian pesan. Berikut ini jenis pembatalan yang direkomendasikan shopee:
1. Pembatalan Pesanan Instan
Pembatalan instan memungkinkanmu untuk membatalkan pesanan sebelum penjual mengirimkan barang. Dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.
Kamu bisa membatalkannya dengan mudah dengan memilih opsi alasan pembatalan yang tersedia di Shopee. Dengan cara ini, pembelianmu bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah.
2. Pembatalan Pesanan Umum
Pembatalan umum atau noninstan adalah opsi bagi pembeli yang ingin membatalkan pesanan setelah penjual sudah mengirimkan barang. Namun, untuk melakukan hal ini, kamu harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari penjual.
Sayangnya, penjual dapat menolak jika barang sudah dalam perjalanan. Namun, jika kamu masih membutuhkan solusi, kamu bisa mengajukan pengembalian barang dengan alasan yang tepat.
3. Pembatalan Pesanan Otomatis
Jika penjual terlewat memasukkan nomor resi pengiriman atau tidak melakukan pengaturan pengiriman, barang pesananmu akan dibatalkan secara otomatis pada akhir masa pengemasan.
Terlepas dari itu, jika seller gagal mengirimkan paket ke kurir dalam waktu dua hari setelah masa pengemasan atau setelah resi terbit, pembatalan otomatis juga tetap akan terjadi.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim
Sesuai jenis pematalan yang didukung shopee, kalian bisa menggunakan jenis pembatalan umum atau non-instan. Namun perlu dicatat, penjual berhak menolak terkait pengajuanmu.
Jika kalian ingin membatalkan pesanan, berikut cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim oleh penjual:
- Buka aplikasi shopee
- Masuk ke menu pesanan
- Pilih bagian pesanan dikirim
- Kemudian pilih produk yang akan dibatalkan
- Tunggu sampai penjual merespon permintaan pembatalan pesanan
- Jika permintaan disetujui, maka status pesanan akan dibatalkan dalam 1×24 jam
Nah, itulah cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim melalui aplikasi shopee. Seperti yang sudah kita jelaskan, proses pembatalan barang yang sudah dikirim memang membutuhkan persetujuan penjual.
Cara Mengembalikan Barang yang Sudah Dikirim di Shopee
Jika sebelumnya cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim, kali ini sedikit berbeda. Pasalnya, barang sudah sampai ke alamat penerima tapi terdapat masalah.
Nah, jika kamu ingin mengembalikan barang pesanan di shopee yang sudah dikirim, berikut langkah-langkahnyaa:
- Buka aplikasi shopee
- Masuk ke menu pesanan dikirim
- Kemudian pilih ajukan pengembalian barang
- Jelaskan alasan pengembalian
- Selanjutnya konfirmasi pengembalian barang
- Tunggu hingga 5 hari sampai pesanan sampai ke alamat penjual
- Jika berhasil, maka dana akan dikembalikan ke saldo shopeepay
Itulah cara mengembalikan atau membatalkan pesanan di shopee. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan selalu merekam saat unboxing.
Lalu bagaimana jika pesanan menggunakan sistem pembayaran COD, apakah bisa dibatalkan? Terkait hal ini, kalian tidak perlu khawatir!
Pasalnya, pada tanggal 10 februari 2023, shopee mengumumkan fitur cek dulu baru bayar untuk metode Cash on Delivery (COD). Jadi, sudah dipastikan belanja makin mudah melalui shopee!